Selasa, 29 November 2011

MAKSUD & TUJUAN PAGUYUBAN WARGA SUNGAI KLANDUHAN


Pengertian Sungai, dan Sempadan Sungai
  1. Sungai Klanduhan, yang dimaksud adalah alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air di dalamnya, mulai dari hulu sampai muara, dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan.
  2. Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke laut secara alami, yang batas did darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan.
  3. Garis Sempadan adalah garis maya di kiri dan kanan palung sungai yang ditetapkan sebagai batas perlindungan sungai.
  4. Daerah Sempadan sungai adalah daerah di kanan dan kiri palung sungai yang dibatasi oleh tepi palung sungai dan garis sempadan.
  5. Tanggul adalah pengendali banjir, berupa tanggul tanah, pasangan batu, beton, yang dibangun dengan persyaratan teknis tertentu untuk melindungi daerah sekitar sungai terhadap limpasan air.
  6. Talud adalah salah satu jenis perkuatan tebing yang dapat dibuat dari pasangan batu, beton, maupun bronjong yang dibangun dengan persyaratan teknis tertentu untuk perkuatan tebing sungai.
  7. Bantaran sungai adalah daerah pada palung sungai yang dilewati aliran pada saat banjir.



 
Latar Belakang Paguyuban;
Keberadaan Sungai Klanduhan mempunyai fungsi sangat penting bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat dan lingkungannya. Kondisi ruas sungai dan jaringan irigasi di sepanjang Sungai Klanduhan apabila tidak diperhatikan akan mengalami permasalahan kerusakan akibat kondisi fisik alur sungai dan jaringan irigasi maupun pemanfaatan daerah sempadan sungai untuk perumahan dan aktivitas lainnya. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada sungai dan jaringan irigasi yang dapat menimbulkan bahaya banjir, tanah longsor serta pencemaran sungai.

Pentingnya Keberadaan Paguyuban Warga Sungai Kalnduhan:
  1. Sungai mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat, dan lingkungannya.
  2. Perlu dilakukan upaya untuk menjaga kelestarian fungsi Sungai Klanduhan, pendayagunaan sungai, serta ikut serta mengendalikan kerusakan air.
  3. Turut serta menjaga ekosistem sungai dan daratan, agar fungsi sungai dan kegiatan manusia tidak saling terganggu.
  4. Menumbuhkan partisipasi berbagai pihak, menjaga persatuan dan kesatuan warga sepanjang sungai, membuka akses sumberdaya kunci dalam pendanaan dan bantuan sarana, prasarana dan pendidikan. 

ALASAN PELAKSANAAN PROGRAM
DILAKSANAKAN DENGAN MELIHAT KEBERADAAN SUNGAI KLADUHAN SAAT INI MERUPAKAN BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI KECMATAN NGAGLIK, KECMATAN NGEMPLAK DAN KECAMATAN DEPOK DI KABUPATEN SLEMAN, DIMANA PENDUDUKNYA TERDIRI SELAIN PENDUDUK ASLI, JUGA DARI KELOMPOK MASYARAKAT URBAN YANG BERASAL DARI BERBAGAI DAERAH.
MAKSUD & TUJUAN

MENINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN SUNGAI DAN BANTARAN SUNGAI  SERTA MENINGKATKAN DINAMIKA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KAWASAN  MELALUI PENATAAN DAN PERBAIKAN PRASARANA DAN SARANA LINGKUNGAN UNTUK MERANGSANG DAN MENDORONG PERAN, KEMAMPUAN DAN INISIATIF DARI MASYARAKAT UNTUK TURUT SERTA MEMBANGUN LINGKUNGAN HUNIANNYA.

Saat Launcing Paguyuban Warga Sungai Klanduhan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar